Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi | stylistplace

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi merupakan awal dari segala masalah dikemudian hari khususnya yang berkenaan dengan kesehatannya, seperti masalah fungsi jantung dan arteri, selain itu adalah masalah aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), stroke atau serangan jantung. Oleh karena itu menjaga asupan makanan perlu diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari.


Tingginya kadar kolesterol darah merupakan faktor utama yang akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Kolesterol ini terdapat dalam berbagai jenis makanan. Untuk menghindari dan menurunkan kolesterol tinggi, pakar menyarankan agar kita sangat hati-hati memilih dan mengolah makanan.

Ciri-ciri atau tanda-tanda tubuh memiliki kolesterol tinggi adalah rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang hingga pundak, kaki bengkak, mudah capai dan gampang mengantuk. Tingginya nilai kolesterol merupakan hal yang sangat berbahaya karena beresiko menimbulkan penyakit serangan jantung, stroke, kanker prostat, dan penyakit lainnya. Dilansir dari Health.com, tujuh penyebab kolesterol tinggi yang dialami kebanyakan orang adalah :

1. Makanan sehari-hari
Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi seperti minyak kelapa,minyak kelapa sawit atau mentega dan keju,sehingga disarankan untuk bijak mengkonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih.


2. Berat badan
Berat badan berlebih tidak hanya menggangu penampilan tapi lebih banyak efek buruk kesehatannya.


3. Kurang bergerak
Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).


4. Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai 20 tahun.kadar kolesterol biasanya cederung naik


5. Merokok
Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda sehingga yang beredar ditubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat bila tidak dikendalikan akan berakibat fatal.


Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Mengingat setiap zat kimia pasti mengandung zat yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan di masa yang akan datang.


Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan aman, yaitu :


1. Kacang kedelai
Kacang kedelai terutama yang sudah diolah menjadi tahu, tempe, susu maupun tepung. Zat isoflavon yang terkandung didalamnya bisa menekan Low-Density Lipoprotein (LDL). Namun, makan ini tidak terlalu berkhasiat bila digoreng atau di masak santan karena kedua hal tersebut merupakan sumber lemak jenuh. FDA Amerika Serikat menyarankan untuk mengkonsumsi paling tidak 25 gram protein dari kedelai setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol.


2. Kacang-kacangan
Seperti buncis, kacang merah dan kacang panjang. Serat larut yang tinggi dalam makanan ini bisa mengurangi kadar kolesterol sampai 10%. yang ketiga adalah, Konsumsilah ikan salmon dimana mengandung Omega-3. Berkhasiat menurunkan LDL dan Triserilda dan menaikkan HDL. Selain itu, EFA dan DHA yang terkandung didalamnnya sangat baik untuk jantung. Ikan tuna, trout, sarden, makerel juga baik untuk menurunkan kolesterol. The American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsinya 2 porsi setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


3. Alpukat
Alpukat bermanfaat untuk menaikkan HDL. Tetapi dalam mengkonsumsinya harus dibarengi dengan sayur-sayuran agar bisa menekan kalori yang terkandung didalamnya. Bila dirincikan, satu alpokat mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Di sisi lain, per harinya, dibuthkan 1800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh untuk tubuh kita.


Selain itu adalah bawang putih, bayam, margarin, mede, almon, kenari, teh dan cokelat.


View the original article here

Post Title : Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi,

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Comments
0 Comments

0 komentar

Posting Komentar

Tag

Diberdayakan oleh Blogger.